Garuda Documents : Interaksi Siswa ABK dan Non-ABK di Sekolah Dasar

TitleInteraksi Siswa ABK dan Non-ABK di Sekolah Dasar
Author Order3 of 3
Accreditation5
AbstractSampai saat ini masih banyak sekolah inklusi yang belum memiliki fasilitas untuk mengembangkan kemampuan siswa ABK. Hal ini menyebabkan siswa ABK semakin tertinggal dan mendapat perlakuan buruk dari siswa lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap interaksi yang terjadi antara siswa ABK dan non-ABK di sekolah inklusi yang belum memiliki fasilitas untuk menangani siswa ABK, salah satunya SDN Mekar Jaya (nama sekolah disamarkan) di Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya interaksi asosiatif dan disosiatif antara siswa ABK dan siswa non-ABK di SDN Mekar Jaya. Pemahaman positif siswa non-ABK mengenai kondisi ABK yang terbatas mampu memotivasi mereka untuk melakukan interaksi asosiatif, sedangkan pemahaman negatif berdasarkan pengalaman bersama siswa ABK mampu membuat siswa non-ABK memperlakukan siswa ABK dengan buruk. Interaksi disosiatif antarsiswa yang terjadi yaitu mengejek siswa ABK dan enggan menyentuh tangannya. Berdasarkan hasil penelitian interaksi disosiatif dapat dihindari dengan peningkatan pengetahuan mengenai siswa ABK, serta dukungan dari guru kelas dan peran GPK yang dibutuhkan pada setiap sekolah inklusi
Publisher NameUniversitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Publish Date2024-08-03
Publish Year2024
DoiDOI: 10.31004/basicedu.v8i5.8091
Citation
SourceJurnal Basicedu
Source IssueVol. 8 No. 5 (2024)
Source Page3501-3015
Urlhttps://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/8091/3489
AuthorANKARLINA PANDU PRIMADATA, S.Sos, M.Si
File4536540.pdf