Garuda Documents : Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Jawa

TitleImplementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Jawa
Author Order2 of 2
Accreditation5
AbstractTujuan dari penelitian ini adalah memaparkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jawa. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan  melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek ini dilaksanakan untuk materi wayang. Model PjBL ini dinamai Ngenger. Ngenger dilaksanakan dengan menyiapksan siswa kelas VII, menusun jadwal kegiatan Ngenger, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Ngenger, melakukan penilaian kepada siswa, dan mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan Ngenger. 
Publisher NameUniversitas Negeri Yogyakarta
Publish Date2024-03-29
Publish Year2024
DoiDOI: 10.21831/jwuny.v6i1.67531
Citation
SourceJurnal Ilmiah WUNY
Source IssueVol 6, No 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY
Source Page19 - 31
Urlhttp://journal.uny.ac.id/index.php/wuny/article/view/67531/pdf
AuthorExwan Andriyan Verrysaputro, S.Pd, M.Pd
File4135057.pdf