Garuda Documents : Perilaku Konsumtif Kalangan Remaja Penggemar Korean Pop (K-Pop) di Bogor

TitlePerilaku Konsumtif Kalangan Remaja Penggemar Korean Pop (K-Pop) di Bogor
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractKehadiran K-Pop menciptakan gaya hidup baru yang konsumtif di kalangan penggemarnya yang didominasi oleh remaja. Rasa cinta yang berlebihan terhadap idola K-Pop membuat para penggemar ingin membeli segala sesuatu yang berhubungan dengan idolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif kalangan remaja penggemar K-Pop di Bogor yang ditinjau dari aspek pembelian impulsif, pemborosan, dan pembelian tidak rasional. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggemar K-Pop di Bogor terindikasi melakukan pembelian tidak rasional pada kategori tinggi (58,3%). Indikasi pembelian tidak rasional didasari oleh motif kesenangan yang didapatkan dari membeli merchandise. Sedangkan pada aspek pembelian impulsif dan pemborosan menunjukkan hasil bahwa penggemar K-Pop di Bogor terindikasi pada kategori sedang dengan persentase masing-masing sebesar 62,5% dan 65,6%. Indikasi pembelian impulsif dan pemborosan dilihat dari ketertarikan mengikuti kegiatan atau membeli merchandise, pengaruh member favorit terhadap keputusan pembelian, kepahaman terhadap tujuan mengikuti kegiatan atau pembelian merchandise, dan tidak mempermasalahkan biaya yang dikeluarkan untuk membeli merchandise.
Publisher NameFakultas ISIP Jurusan Sosiologi - Universitas Jenderal Soedirman
Publish Date2023-07-11
Publish Year2023
Doi
Citation
SourceJurnal Interaksi Sosiologi
Source IssueVol 3 No 1 (2023): Jurnal Interaksi Volume 3 Nomor 1 2023
Source Page16-33
Urlhttp://jos.unsoed.ac.id/index.php/jis/article/view/9202/4191
AuthorWIMAN RIZKIDARAJAT, S.H., M.H
File3804521.pdf