Garuda Documents : PERANCANGAN MODEL BISNIS BERDASARKAN ANALISIS PASAR PADA INOVASI PRODUK SABUN RAMAH LINGKUNGAN

TitlePERANCANGAN MODEL BISNIS BERDASARKAN ANALISIS PASAR PADA INOVASI PRODUK SABUN RAMAH LINGKUNGAN
Author Order1 of 3
Accreditation
AbstractKulit pepaya dan nanas merupakan limbah yang dinggap tidak memiliki nilai ekonomis. Kandungan enzim pada kulit buah nanas dan pepaya dapat dimanfaatkan menjadi bahan aktif sabun melalui proses fermentasi. Bioenzyme yang dihasilkan dari limbah tersebut memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai antibkteri dan antioksidan bagi kesehatan kulit. Penelitian ini bertujun untuk merancang model bisnis sabun bioenzyme melalui analisis pasar. Metode analisis menggunakan Business Model Canvas (BMC) dan analisis pasar. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada perusahaan sebagai pakar sabun herbal. Data sekunder diperoleh dari jurnal, website, dan google atau sumber lain yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha sabun bioenzim dari limbah kulit buah memiliki peluang pasar berdasarkan niai produk sebagai produk ramah lingkungan, Sabun bioenzyme memiliki keunggulan yaitu sedikit menggunakan kandungan kimia sehingga lebih aman bagi kesehatan kulit dan tidak bersifat iritan. Target pasar dari sabun bioenzyme merupakan anak-anak usia 4-15 tahun penderita dermatitis. Peluang pasar sabun bioenzyme sangat besar karena jumlah kompetitor yang masih sedikit serta harga produk yang tejangkau dengan mutu yang terjamin.
Publisher NameUniversitas Muhadi Setiabudi
Publish Date2023-07-07
Publish Year2023
DoiDOI: 10.46772/agrivasi.v1i02.616
Citation
SourceJournal of Agribusiness and Community Development (AGRIVASI) UMUS
Source IssueVol. 3 No. 1 (2023): Juni
Source Page208-213
Urlhttp://jurnal.umus.ac.id/index.php/AGRIVASI/article/view/616/691
AuthorINDAH SETIAWATI, S.P, M.P.
File3791382.pdf