Garuda Documents : Penggunaan Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

TitlePenggunaan Model Problem Solving Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Author Order2 of 4
Accreditation
AbstractPasca pandemic covid-19 berdampak pada sektor Pendidikan di berbagai dunia, salah satunya Indonesia. Dampak yang fundamental yaitu kesulitan guru dalam memberikan penilaian matematika secara komprehensif. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan maslaah siswa serta mengukur keefektifan model Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed-method) dengan sampel sebanyak 20 orang siswa pada salah satu sekolah di Kabupaten Cirebon. Pengumpulan data menggunakan Tes dan Wawancara. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan Uji Hipotesis, skor siswa memiliki perbedaan rata-rata antara Pretest dan Postest, yaitu 90,12 untuk rata-rata Postes dan 80,75 rata-rata skor Prestes, berdasrkan uji Paired Tes terlihat nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05, bermakna bahwa terdapat perbedaan rata-rata antara Pretest dan Postest. Dengan demikian model problem-solving Efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Publisher NamePascasarjana Universitas Negeri Semarang
Publish Date2022-09-30
Publish Year2022
Doi
Citation
SourceProsiding Seminar Nasional Pascasarjana
Source IssueVol. 5 No. 1 (2022)
Source Page504-511
Urlhttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1519/1003
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File3493740.pdf