Garuda Documents : Kajian Project Based Learning (PjBL) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung

TitleKajian Project Based Learning (PjBL) pada Kondisi Sebelum dan pada saat Pandemi Covid-19 Berlangsung
Author Order2 of 3
Accreditation
AbstractIndonesia telah mengalami wabah pandemi covid-19 sehingga pembelajaran disemua jenjangdilakukan secara virtual jarak jauh. Model PjBL ini merupakan model yang dianjurkan olehMendikbud dalam pelaksanan pembelajaran virtual saat pendemi covid-19. Telah dilakukan studi,kajian pustaka tentang pembelajaran Model PjBL sebelum dan saat pandemi Covid-19. BeberapaJurnal, prosiding yang meliputi jurnal nasional, jurnal international, prosiding nasional danprosiding internasional yang terkait dengan PjBL telah dianalisis secara rinci. Analisis data dimulaidari permasalahan, tujuan, metode, teknik analisis data, hasil penelitian, dan simpulan padapenerapan atau pengembangan media pembelajaran, instrumen penilaian berbasis PjBL. Padapenerapan ataupun pengembangan model PjBL sebelum dan saat pandemi. Hasil analisis datakajian beberapa jurnal dan prosiding baik nasional maupun Internasional diperoleh: terjadinyapeningkatan hasil belajar, motivasi, kemampuan berpikir kritis peserta didik baik sebelum maupunpada saat pandemi Covid-19 berlangsung. Beberapa temuan tentang kendala yang dialami padapenerapan PjBL saat pandemi Covid-19 berlangsung antara lain : sinyal dan SDM pendidikmaupun peserta didik yang kurang menguasai teknologi. Simpulan dan hasil kajian pustaka adalahperlu ditingkatkan kemampuan literasi peserta didik dalam mencari informasi serta perlupendampingan.
Publisher NamePascasarjana Universitas Negeri Semarang
Publish Date2021-02-17
Publish Year2020
Doi
Citation
SourceProsiding Seminar Nasional Pascasarjana
Source IssueVol. 3 No. 1 (2020)
Source Page236-241
Urlhttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/617/536
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File3493148.pdf