Garuda Documents : Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Memimpin Perencanaan Kelas Melalui Penugasan Terstruktur

TitlePeningkatan Kompetensi Guru Dalam Memimpin Perencanaan Kelas Melalui Penugasan Terstruktur
Author Order1 of 3
Accreditation
AbstractPada kurikulum merdeka, peran guru memiliki tujuan sentral jika dilihat dari perencanaan kelas sampai pada penilaian. Pada tingkat PAUD, guru dituntut mampu menggiring kelas untuk mengikuti celoteh siswa sehingga anak dapat menemukan pengalaman belajar yang menyenangkan dan sesuai kebutuhannya. Pengabdian masyarakat ini dilakukan melalui teknik coaching dan penugasan pada guru dengan karakteristik tertentu yang telah ditunjuk di TK Pertiwi 25.10 Debong Tengah Kota Tegal. Pelaksnaan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada saat project management office (PMO) yakni pada bulan Januari dan Maret 2023. Guna memperoleh kredibilitas data maka hasil penugasan dan coaching dikonfirmasi melalui observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah peningkatan perencanaan dalam menentukan modul ajar yang digunakan di kelas. Selain itu, terjadi peningkatan komunikasi antarguru dalam interaksi belajar mengajar guna menyamakan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan solusi alternatif perangkat pembelajaran yang dibutuhkan oleh guru. Setiap proses pembelajaran yang didesain oleh guru adalah hasil diskusi antarguru yang dilaporkan kepada kepala sekolah.
Publisher NameLKP KARYA PRIMA KURSUS
Publish Date2023-03-25
Publish Year2023
Doi
Citation
SourceJURIBMAS : Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat
Source IssueVol 1 No 3 (2023): Maret 2023
Source Page82-87
Urlhttps://ejurnal.lkpkaryaprima.id/index.php/juribmas/article/view/68/46
AuthorDr Dr. MEMET SUDARYANTO, S.Pd, S.Pd, M.Pd, M.Pd
File3435637.pdf