Garuda Documents : SELFIE DAN NARSISME PEREMPUAN: AMBIVALENSI PEREMPUAN URBAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SEBAGAI SUBYEK DI SMARTPHONE

TitleSELFIE DAN NARSISME PEREMPUAN: AMBIVALENSI PEREMPUAN URBAN DALAM MENGKONSTRUKSI IDENTITAS DIRI SEBAGAI SUBYEK DI SMARTPHONE
Author Order1 of 1
Accreditation
AbstractDalam pembangunan yang dominan, wanita selalu ditempatkan pada posisi subordinat tersebut. Perempuan adalah objek utama dari tatapan laki-laki. Representasi wanita di media massa dibangun berdasarkan stereotip laki-laki. Wanita yang ideal adalah orang yang memiliki kulit putih, mulus, tidak ada kulit keriput dan selalu terlihat segar dan muda. Selanjutnya, tipe ideal media wanita menjadi semacam standar penilaian dalam banyak sektor dalam masyarakat. Oleh karena itu, tak heran jika wanita sering subordinasi atau terpinggirkan dalam masyarakat karena tidak ada setiap wanita lajang adalah memiliki tipe ideal wanita cantik. Kemudian, ketika smartphone hadir dalam kehidupan sehari-hari wanita, smartphone memberikan kesempatan bagi perempuan sebagai pengguna, untuk membangun identitas mereka sendirian, bukan sebagai objek gairah laki-laki, tetapi sebagai subjek. Dengan menggunakan pendekatan etnografi, penelitian ini bertujuan untuk menafsirkan budaya selfie yang umum ditemukan di kalangan wanita pengguna smartphone. Kata kunci : wanita, smartphone, selfie
Publisher NameUniversitas Swadaya Gunung Djati
Publish Date2015-08-16
Publish Year2015
DoiDOI: 10.33603/signal.v3i2.642
Citation
SourceJURNAL SIGNAL
Source IssueVol 3, No 2 (2015): JURNAL SIGNAL
Source Page
Urlhttps://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Signal/article/view/642/386
AuthorDr MITE SETIANSAH, S.IP, M.Si
File2955373.pdf