Garuda Documents : FILOSOFIS ALAT-ALAT TRADISIONAL DAYAK TABUN SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL

TitleFILOSOFIS ALAT-ALAT TRADISIONAL DAYAK TABUN SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA LOKAL
Author Order3 of 3
Accreditation4
AbstractAbstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan makna filosofis alat-alat tradisional dayak tabun sebagai konteks pembelajaran pendidikan karakter berbasis budaya local. Budaa lokal disini adalah sebagai konteks pembangun karakter kedaerahan, yang dimana perpaduan filosofis kebudayaan daerah dipadukan dengan pendidikan karakter. Dengan memaknai kajian kedaerahan di harapkan dapat menambah warna dalam pendidikan menjadi tidak hanya memfokuskan pada kajian nasional, akan tetapi dengan memaknai kajian filosofis pada alat-alat tradisional, penggunaaan alat, bahan alat dan xara menggunakan yang memiliki filosofis khusus untuk menjadi pengembang dan penguat cinta budaya daerah yang bisa di aplikasikan dalam konteks pembelajaran pendidikan karakter yang berbasis budaya lokal.
Publisher NameIKIP PGRI Pontianak
Publish Date2022-07-15
Publish Year2022
DoiDOI: 10.31571/sosial.v9i1.3323
Citation
SourceSosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Source IssueVol 9, No 1 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Source Page94-105
Urlhttp://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/3323/1893
AuthorHARTONO, M.Si
File2835718.pdf