Title | Upaya Peningkatan Partisipasi Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Mata Kuliah Sosiologi Pendidikan Melalui Metode Peer Teaching dan Brainstorming |
Author Order | 1 of 1 |
Accreditation | |
Abstract | Salah satu permasalahan yang dihadapi dosen di kelasÃÂÃÂ adalah mahasiswa yang pasif selama proses pembelajaran, terutamaÃÂÃÂ bila kelas yang ada adalah kelas besar. Artikel ini ditulis berdasarkanÃÂÃÂ Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk mengatasi rendahnyaÃÂÃÂ partisipasi mahasiswa tersebut melalui diskusi kelompokÃÂÃÂ (menggunakan metode peer teaching) dan diskusi kelasÃÂÃÂ (menggunakan metode brainstorming). Langkah pertama yangÃÂÃÂ dilakukan adalah dosen menyampaikan materi kepada mahasiswa.ÃÂÃÂ Di akhir proses pembelajaran, dosen memberikan materi diskusi untukÃÂÃÂ didiskusikan secara berkelompok. Proses diskusi kelompok dilakukanÃÂÃÂ di luar jam kuliah. Metode brainstorming dilakukan pada pertemuanÃÂÃÂ berikutnya setelah diskusi kelompok. Dalam diskusi ini, salah satuÃÂÃÂ atau dua kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.ÃÂÃÂ Kelompok yang lain bertugas sebagai audience yang menanggapiÃÂÃÂ hasil diskusi kelompok presenter. Hasil PTK menunjukkan bahwaÃÂÃÂ hampir 75 persen mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusiÃÂÃÂ kelompok. Pada diskusi kelas, 15 persen mahasiswa juga aktif selamaÃÂÃÂ diskusi. |
Publisher Name | Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek |
Publish Date | 2016-10-12 |
Publish Year | 2008 |
Doi | DOI: 10.24832/jpnk.v14i75.382 |
Citation | |
Source | Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan |
Source Issue | Vol. 14 No. 75 (2008) |
Source Page | 1155-1169 |
Url | http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/382/256 |
Author | Dr. NANANG MARTONO, S.Sos, M.Si |
File | 2745693.pdf |
---|