Garuda Documents : Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Regulated Learning terhadap Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto

TitlePengaruh Kecerdasan Emosional dan Self Regulated Learning terhadap Literasi Digital Siswa SMA Negeri 2 Purwokerto
Author Order2 of 3
Accreditation4
AbstractPenelitian ini merupakan penelitian survei dengan metode kuantitatif pada kelas X SMA Negeri 2 Purwokerto dengan total populasi sebanyak 393 siswa dan sampel sebanyak 206 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (2) pengaruh self regulated learning terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (3) pengaruh kecerdasan emosional dan self regulated learning secara bersama-sama terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan probability random sampling memperoleh sampel sebanyak 206 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menggunakan SPSS menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self regulated learning terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan self regulated learning secara bersama-sama terhadap literasi digital siswa SMA Negeri 2 Purwokerto.
Publisher NameUniversitas Negeri Semarang
Publish Date2021-08-31
Publish Year2021
DoiDOI: 10.15294/baej.v2i2.53405
Citation
SourceBusiness and Accounting Education Journal
Source IssueVol 2 No 2 (2021): Business and Accounting Education Journal
Source Page152 - 159
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/baej/article/view/53405/20835
AuthorDr. E. SITI ZULAIKHA WULANDARI, S.E., M.Si
File2538268.pdf