Garuda Documents : ANALISIS KAUSALITAS GERAKAN LITERASI, PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN

TitleANALISIS KAUSALITAS GERAKAN LITERASI, PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN
Author Order of
Accreditation
AbstractPenelitian ini bertujuan menginvestigasi dampak gerakan literasi sekolah, pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMAN 1 Baturraden sebanyak 352 siswa yang mengambil Mata Pelajaran Ekonomi. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 187 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda yang mencakup penggunaan koefisien determinasi dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi sekolah, pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan motivasi belajar memiliki pengaruh positif terhadap hasil pembelajaran siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, semakin baik program gerakan literasi sekolah dijalankan, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Kedua, semakin baik pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa. Ketiga, semakin baik motivasi siswa dalam belajar, maka semakin baik pula hasil pembelajaran yang diperoleh siswa.
Publisher NameFakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
Publish Date2020-04-01
Publish Year2020
DoiDOI: 10.32424/seej.v2i1.2355
Citation
SourceSoedirman Economics Education Journal
Source IssueVol 2 No 1 (2020)
Source Page72 - 84
Urlhttp://jos.unsoed.ac.id/index.php/seej/article/view/2355
AuthorDr. E. NAJMUDIN, S.E., M.Si
File1661170.pdf