Garuda Documents : MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI

TitleMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI
Author Order3 of 3
Accreditation4
AbstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dikolaborasikan, peneliti di sini sebagai pengamat dan guru sebagai aktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model pembelajaran kooperatif two stay two stray dalam rangka meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah siswa 36 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 4 tahun ajaran 2017/2018. Data penelitian menunjukkan peningkatan hasil mata pelajaran ekonomi pada siklus 1 ke siklus 2. Ketuntasan belajar siklus 1 mencapai 61,11%, sedangkan ketuntasan belajar siklus 2 mencapai 80,56%. Jadi, dapat dijelaskan bahwa siklus 2 akan berhasil mencapai indikator penelitian jika ketuntasan belajar telah mencapai 75% dari total siswa IPS 1.
Publisher NameUniversitas PGRI Semarang
Publish Date2019-05-30
Publish Year2019
DoiDOI: 10.26877/ep.v4i1.3488
Citation
SourceEquilibria Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi
Source IssueVol 4, No 1 (2019)
Source Page10-15
Urlhttp://journal.upgris.ac.id/index.php/equilibriapendidikan/article/view/3488/pdf
AuthorLINA RIFDA NAUFALIN, S.Pd, M.Pd
File1042201.pdf