Garuda Documents : Pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Pendidikan Sosial dan Ekonomi Santri

TitlePemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren sebagai Pendidikan Sosial dan Ekonomi Santri
Author Order of
Accreditation
AbstractPenelitian memiliki tujuan untuk menganalisis pemberdayaan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren) sebagai pendidikan sosial dan  ekonomi santri. Penelitian menggunakan metode Participatory Learning and Action (PLA), pengumpulan data melalui,  wawancara, pengamatan langsung, Focus Group Discussion (FGD) dan dokumentasi. Pemilihan informan secara purposive sampling yaitu ketua, pengurus dan anggota Kopontren. Lokasi penelitian di Yayasan Pendidikan Agama Islam (YPAI) Pondok Pesantren Darussalam Dukuh Waluh, Banyumas dan El Bayan 1 Majenang, Cilacap. Penelitian menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan (1) Pengurus Kopontren memiliki tekad dan semangat yang tinggi untuk membenahi kepengurusan, keanggotaan dan mengembangkan unit usaha sebagai pendidikan sosial serta ekonomi bagi kemandirian santri. (2) Kopontren membutuhkan dukungan dari pimpinan pondok pesantren dan partisipasi semua santri untuk menjadi anggota dan kader Kopontren. (3) Kopontren membutuhkan program pemberdayaan seperti penyuluhan, pelatihan dan pendampingan tentang manajemen kelembagaan, kepengurusan, keanggotaan dan keuangan.
Publisher NameDepartement of Nonformal Education, Graduate Scholl of Universitas Negeri Yogyakarta
Publish Date2016-11-21
Publish Year2016
DoiDOI: 10.21831/jppm.v3i2.11303
Citation
SourceJPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
Source IssueVol 3, No 2 (2016): November 2016
Source Page109-121
Urlhttps://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/article/view/11303
AuthorDr.Sos. ADHI IMAN SULAIMAN, S.IP, M.Si
File935358.pdf