Garuda Documents : PELATIHAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN DI SMP PROVIDENTIA JAKARTA BARAT

TitlePELATIHAN PEMBUATAN MODUL PEMBELAJARAN DI SMP PROVIDENTIA JAKARTA BARAT
Author Order of
Accreditation
AbstractAbstractThis community service which was held by researcher and his team in Providentia Junior High School was aimed to give basic training to develop learning module which can be used by teachers to teach in the classroom. Furthermore, the result of school observation indicated that teachers had difficulties to develop learning module for topics which is not covered in the textbook being used. Based on that observation, this community service activitie needs to be done to improve teachers’ competence in developing learning module. Method being used is active and participatory learning which involve lecturing, discussing, demontrating, presenting, and consulting. Lecturing and discussing were done to give explanation about learning module as a whole. Demonstrating was done by teachers to develop learning module related to subjects they teach.Consulting was done when teachers discussed with researchers to develop and arrange learning module that the teachers want to use in the classroom. Community service which was held gives positive impact to learning process in Providentia Junior High School by lecturing and practicing to develop learning module. This also impacts students’ independence in studying. They can master the materials independently helped by learning module which was provided by teachers. Keywords: learning in the classroom, learning module, learning quality AbstrakKegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh tim pengusul di SMP Providentia bertujuan untuk memberikan pelatihan dasar dalam mengembangkan modul pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru untuk mengajar di ruang kelas. Lebih jauh lagi, hasil observasi ke sekolah menunjukkan bahwa guru memiliki kesulitan dalam mengembangkan modul pembelajaran untuk materi yang belum ada di buku teks pelajaran yang dipakai. Berdasarkan hasil pengamatan tersebut maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan modul pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah active dan participatory learning yang meliputi ceramah, diskusi, demonstrasi, presentasi, dan konsultasi. Ceramah dan diskusi dilakukan untuk memberikan penjelasan mengenai modul pembelajaran secara umum. Demonstrasi dilakukan ketika guru akan mengembangkan modul pembelajaran untuk mata pelajaran yang diampu. Presentasi dilaksanakan setelah guru selesai membuat modul pembelajaran. Konsultasi dilaksanakan ketika guru berdiskusi dengan instruktur dalam menyusun modul pembelajaran yang akan mereka gunakan di kelas. Kegiatan pengabdian kepada masayrakat yang terselenggarakan memberikan dampak positif terhadap proses pembelajaran di SMP Providentia dengan memberikan penyuluhan dan praktek pembuatan modul pembelajaran. Hal ini berdampak langsung kepada kemandirian siswa dalam belajar. Mereka bisa menguasai materi dengan belajar secara mandiri dibantu dan dipandu oleh modul pembelajaran yang disediakan oleh guru mata pelajaran Kata kunci : pembelajaran di kelas, modul pembelajaran, kualitas pembelajaran
Publisher NameUniversitas Esa Unggul
Publish Date2018-05-09
Publish Year2018
Doi
Citation
SourceJurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas
Source IssueVol 4, No 2 (2018): Jurnal Pengabdian Masyarakat Abdimas
Source Page
Urlhttp://ejurnal.esaunggul.ac.id/index.php/ABD/article/view/2285
AuthorPRAYOGO HADI SULISTIO, S.Pd, M.Pd
File775109.pdf