Garuda Documents : SITUS WEB SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DI PERGURUAN TINGGI: (Studi Pada Situs Web Universitas Jenderal Soedirman)

TitleSITUS WEB SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PUBLIK DI PERGURUAN TINGGI: (Studi Pada Situs Web Universitas Jenderal Soedirman)
Author Order of
Accreditation
AbstractBadan publik di Indonesia memiliki kewajiban untuk membangun sistem keterbukaan informasi publik yang ramah akses bagi semua pihak, termasuk dalam hal ini adalah perguruan tinggi negeri (PTN). Salah satunya adalah dengan mengoptimalkan peran situs web sebagai sarana komunikasi sehingga dapat turut serta berpartisipasi mewujudkan akuntabilitas publik. Studi ini mengkaji tentang konten informasi pada salah satu situs web PTN, yakni www.unsoed.ac.id yang merupakan media milik Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto-Jawa Tengah. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif, maka hasil penelitian menunjukkan, bahwa fokus informasi yang disediakan pada situs web adalah : 1) publikasi aktivitas keseharian institusi, 2) informasi tentang tridharma perguruan tinggi dan 3) penunjang penyelenggaraan pendidikan tinggi. Melalui situs web tersebut, Universitas Jenderal Soedirman telah menjalankan fungsi kehumasan khususnya dalam memfasilitasi kebutuhan dasar informasi publik, khususnya yang terkait dengan rencana studi lanjut, kemitraan dalam pemanfaatan hasil riset dan pemberdayaan masyarakat. Kata kunci: akuntabilitas publik, informasi, kehumasan, website.
Publisher NamePROSIDING KOMUNIKASI
Publish Date2017-06-02
Publish Year2000
Doi
Citation
SourcePROSIDING KOMUNIKASI
Source IssuePROSIDING : AKSELERSI PEMBANGUNAN MASYARAKAT LOKAL MELALUI KOMUNIKASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI (BUKU
Source Page
Urlhttp://jurnal.fisip.unila.ac.id/index.php/prosidingkom/article/view/267
AuthorDr WISNU WIDJANARKO, S.Sos, M.Si
File769592.pdf