Garuda Documents : Pendidikan Humanisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

TitlePendidikan Humanisme Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
Author Order of
Accreditation
AbstractPendidikan memposisikan manusia sebagai makhluk sosial untuk berinteraksi satu sama lain dan menjadikannya tempat yang paling menyenangkan bagi mereka (siswa) untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki sebagai bekal untuk kehidupan di masyarakat. Oleh karena itu, untuk membentuk pendidikan humanisme, hal-hal yang sangat harus diperhatikan adalah keseimbangan antara dua aspek, yaitu aspek internal dan eksternal manusia. Pendidikan Humanisme bertujuan untuk menjadikan dan menempatkan siswa sebagai manusia yang bebas dalam proses belajar. Bebas untuk memilih dan melakukan hal-hal yang positif. Pendidikan Humanisme apabila dikaitkan dengan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantoro “Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani”, memiliki keselarasan yaitu seseorang yang mampu mengembangkan semua aspek kemanusiaan secara menyeluruh dan harmonis, akan mampu menghargai dan menghormati sisi kemanusiaan setiap orang. Pembelajaran kooperatif merupakan pilihan yang tepat untuk membangun humanisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Pendidikan humanisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat direpresentasikan dalam berbagai aspek. Keunggulan pembelajaran kooperatif dapat dilihat dari hasil belajar akademik, penerimaan perbedaan individu, dan pengembangan keterampilan sosial. Keuntungan-keuntungan tersebut dapat membantu siswa dalam memahami konsepkonsep yang sulit. Hal ini dapat dijadikan alat yang efektif untuk mendidik perilaku humanisme kepada para siswa. Dengan demikian, secara makro pembelajaran bahasa Indonesia dapat menanamkan nilai-nilai humanisme yang heterogen ke dalam diri para siswa.
Publisher NameFakultas Ilmu Budaya Universitas Jenderal Soedirman
Publish Date2016-10-01
Publish Year2015
DoiDOI: 10.20884/1.jili.0.6.1.327
Citation
SourceJurnal Ilmiah Lingua Idea
Source IssueVol 6 No 1: Juni - 2015
Source Page
Urlhttp://jos.unsoed.ac.id/index.php/jli/article/view/327
AuthorM. RIYANTON, S.S., M.Pd
File769355.pdf