Garuda Documents : Pemantauan Keanekaragaman Hama dan Musuh Alami pada Ekosistem Tepi dan Tengah Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)

TitlePemantauan Keanekaragaman Hama dan Musuh Alami pada Ekosistem Tepi dan Tengah Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.)
Author Order2 of 2
Accreditation3
AbstractKeberadaan hama dan musuh alami pada tanaman budidaya dapat sebagai acuan dalam kegiatan pengendalian hama tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hama dan musuh alami ekosistem tepi dan tengah permukaan tanah pada pertanaman kacang tanah (Arachis hypogaea L.) yang dipantau dengan memasang perangkap pitfall trap. Penelitian dilakukan di lahan Politeknik Banjarnegara yang berlokasi di kelurahan Kenteng, kecamatan Madukara, kabupaten Banjarnegara, 323 m dpl. Penelitian dengan dua perlakuan berupa lokasi penempatan pitfall trap pada bagian tepi dan tengah lahan tanaman kacang tanah. Lahan tanaman kacang tanah dengan ukuran 40 m x 50 m dan tanaman berumur 28 hari setelah tanam. Analisis data dilakukan dengan menghitung indeks keanekaragaman Shannon-Weaver (H’). T-test digunakan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara populasi hama dan musuh alami yang berada pada tepi dan tengah lahan kacang tanah. Populasi hama dan musuh alami permukaan tanah pada tanaman kacang tanah mempunyai  tingkat keanekaragaman yang rendah dengan nilai H’<1,0. Nilai indeks keanekaragaman tersebut rendah baik pada populasi hama dan musuh alami tepi lahan maupun tengah lahan kacang tanah. Indeks keanekaragaman hama, musuh alami dan kelompok lainnya pada tepi lahan dengan nilai 0 hingga 0,32; sedangkan pada tengah lahan dengan nilai 0 hingga 0,30.
Publisher NameFakultas Biologi | Universitas Jenderal Soedirman
Publish Date2018-05-01
Publish Year2018
DoiDOI: 10.20884/1.mib.2018.35.2.603
Citation
SourceMajalah Ilmiah Biologi BIOSFERA: A Scientific Journal
Source IssueVol 35, No 2 (2018)
Source Page69-74
Urlhttps://journal.bio.unsoed.ac.id/index.php/biosfera/article/view/603/pdf
AuthorSARNO, S.P
File751361.pdf