Garuda Documents : PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII-1 SMPN 5 PENAJAM PASER UTARA DENGAN PROGRAM JTV (JUNIOR TEACHS VISIT)

TitlePENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII-1 SMPN 5 PENAJAM PASER UTARA DENGAN PROGRAM JTV (JUNIOR TEACHS VISIT)
Author Order1 of 1
Accreditation
AbstractABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendekskripsikan strategi pelaksanaan program JTV dalam upaya peningkatan motivasi dan prestasi mata pelajaran matematika, khususnya siswa kelas VIII-1 SMPN 5 Penajam Paser Utara. Program JTV memberikan salah satu alternatif upaya agar potensi siswa yang tergolong pandai dapat dioptimalkan kemanfaatannya, guna kemajuan dan peningkatan kualitas hasil pembelajaran, termasuk siswa yang rendah motivasi dan hasil belajarnya.penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data interaktif. Teknik analisis data interaktif menekankan adanya reduksi data. Reduksi data merupakan suatu bentuk analisisyang menajamkan, menggolongkan, mengarahkan, membuang yang tidak perlu, dan mengorganisasikan data dengan cara sedemikian rupa sehingga kesimpulan-kesimpulan akhir dapat ditarik dan diverifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data digunakan triangulasi dan auditing. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri serta guru matematika yang lain dan siswa kelas VIII-1 SMPN 5 Penajam Paser Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam pelaksanaan program JTV dalam pembelajaran matematika antara lain: identifikasi masalah, membentuk kelompok, program pelatihan, pelaksaan JTV, koodinasi dan konsultasi dengan guru. Pelaksanaan pembelajaran matematika dengan program JTV di Kelas VIII-1, berhasil dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika para siswa. Kenaikan tara-rata pada ulangan semester 2 pada masing-masing penilaian yakni penilaian pengetahuan meningkat hingga 15,7% dan penilaian keterampilan meningkat hingga 25%. Dapat dilihat bahwa program ini berhasil dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar matematika, baik untuk siswa yang tergolong lemah motivasi dan hasil belajarnya cukup rendah maupun bagi siswa yang memang sudah mempunyai motivasi berprestasi.
Publisher NameKresna Bina Insan Prima
Publish Date2017-05-31
Publish Year2017
Doi
Citation
Sourcee- Jurnal Mitra Pendidikan
Source IssueVol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei
Source Page65-78
Urlhttp://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/72/34
AuthorDr Dr EMAN SUTRISNA, S.Ked, M.Kes
File745158.pdf