Title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar |
Author Order | 1 of 2 |
Accreditation | |
Abstract | Penelitian ini dilakukan bertujuan mengkaji masalah peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sebelum dan sesudah belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TIK. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V pada dua kecamatan di kabupaten Subang, Sample penelitian pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V salah satu sekolah dasar ÃÂÃÂ di ÃÂÃÂ Kecamatan Subang Kabupaten Subang dan salah satu sekolah dasar yang ÃÂÃÂ terletak di Kecamatan Jalancagak Kabupaten Subang. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes, analisis kuantitatif dilakukan terhadap rata-rata pretes dan postes dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan pada hasil penelitian, menunjukan bahwa data pretes tidak terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TIK dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model direct teaching. Diketahui pula bahwa pada hasil analissi data posttes, kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TIK lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model direct teaching. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TIK memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Pembelajaran dengan ÃÂÃÂ model Problem Based Learning berbantuan TIK dapat menjadi alternatif model pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan di Sekolah Dasar. |
Publisher Name | Universitas Pendidikan Indonesia |
Publish Date | 2016-07-29 |
Publish Year | 2015 |
Doi | DOI: 10.17509/eh.v7i1.2791 |
Citation | |
Source | EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru |
Source Issue | Vol 7, No 1: Januari 2015 |
Source Page | |
Url | https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2791/1820 |
Author | DADAN HERMAWAN, S.Si, M.Si, Ph.D |
File | 518203.pdf |
---|