Garuda Documents : Pengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Ngadirejan

TitlePengaruh Penggunaan Media Poster terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di MI Muhammadiyah Ngadirejan
Author Order1 of 3
Accreditation
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan media poster terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa, mencakup siswa kelas IV dan kelas V di MI Muhammadiyah Ngadirejan, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dengan uji regresi linier sederhana menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang mengindikasikan adanya pengaruh yang signifikan. Hasil uji signifikansi t memperlihatkan bahwa t hitung (4,596) lebih besar dari t tabel (1,685). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media poster memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV dan V di MI Muhammadiyah Ngadirejan.
Publisher NameLPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
Publish Date2024-06-18
Publish Year2024
Doi
Citation
SourceJurnal Pendidikan Tambusai
Source IssueVol. 8 No. 2 (2024)
Source Page23909-23914
Urlhttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15561/11761
AuthorDoctor of Philosophy NUR AINI, S.TP, M.P.
File4351095.pdf