Garuda Documents : Faktor yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Bidan Puskesmas di Kabupaten Aceh Selatan

TitleFaktor yang Memengaruhi Mutu Pelayanan Bidan Puskesmas di Kabupaten Aceh Selatan
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractKesehatan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Banyak orang rela membayar mahal untuk biaya pengobatan. Puskesmas adalah unit pelaksana teknis Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di suatu wilayah kesehatan. Bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan mengacu pada asuhan kebidanan meliputi metode pengkajian, diagnosis, perencanaan, tindakan, partisipasi klien dan evaluasi. Upaya yang dapat dilakukan Puskesmas untuk memenuhi kebutuhan pasien melalui tenaga kesehatan yang memberikan kinerja terbaik pada pasien di Puskesmas tersebut. Oleh karena itu, mutu pelayan bidan perlu mendapat perhatian dari pihak manajemen puskesmas. Permasalahan yang berkaitan dengan bidan antara lain kepuasan kerja, kepuasan gaji, jam kerja, kedisiplinan, komitmen kerja, shift kerja, beban kerja,kompensasi, stress kerja, pemantapan pengetahuan, turnover dan kinerja. Permasalahan dalam penelitain ini yaitu Apakah kepuasan kerja, pengetahuan, beban kerja dan sikap memengaruhi mutu pelayanan bidan Puskesmas di Kabupaten Aceh Selatan Tahun 2023. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi mutu pelayanan bidan Puskesmas di Kabupaten Aceh selatan tahun 2023. Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu berjumlah 78 orang. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara kepuasan kerja, beban kerja, pengetahuan dan sikap dengan mutu pelayanan bidan di Puskesmas Kabupaten Aceh Selatan dengan nilai p value kepuasan kerja=0,000 beban kerja=0,000 pengetajuan=0,000 dan sikap=0,00.Saran pada penelitian ini Diharapkan dapat melakukan survey mutu pelayanan pada tiap-tiap puskesmas sebagai monitoring kualitas pelayanan terhadap masyarakat serta memberikan seminar atau pelatihan pada bidan terkait peningkatan mutu pelayanan yang berstandar tinggi dan berorientasikan masyarakat
Publisher NameLPPM Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai, Riau, Indonesia
Publish Date2024-01-03
Publish Year2023
DoiDOI: 10.31004/jptam.v7i3.12319
Citation
SourceJurnal Pendidikan Tambusai
Source IssueVol. 7 No. 3 (2023): Desember 2023
Source Page32558-32572
Urlhttps://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12319/9493
AuthorDoctor of Philosophy NUR AINI, S.TP, M.P.
File4347958.pdf