Garuda Documents : Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Mind Mapping

TitleMeningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Mind Mapping
Author Order1 of 1
Accreditation
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Mind-mapping terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Metode penelitian yang  digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDS Ananda Islamic School. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media Mind-mapping, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa media Mind-mapping. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes menulis cerita pendek. Perhitungan uji yang berhasil diperoleh siswa kedua kelompok penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa dalam menulis cerpen adalah berbeda dan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini membuktikan jika penggunaan media mind-mapping didalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk materi menulis cerpen sangat membantu dan berhasil untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Mind-mapping terhadap menulis cerpen siswa.
Publisher NameUniversitas Djuanda
Publish Date2023-11-30
Publish Year2023
DoiDOI: 10.30997/karimahtauhid.v2i6.11222
Citation
SourceKarimah Tauhid
Source IssueVol. 2 No. 6 (2023): Karimah Tauhid
Source Page3005-3014
Urlhttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11222/4399
AuthorDoctor of Philosophy NUR AINI, S.TP, M.P.
File4331672.pdf