Title | Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Materi Keterampilan Menulis Cerita Pendek Melalui Media Mind Mapping |
Author Order | 1 of 1 |
Accreditation | |
Abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh media Mind-mapping terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa. Metode penelitian yangÃÂ digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDS Ananda Islamic School. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 19 siswa. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media Mind-mapping, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia tanpa media Mind-mapping. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes menulis cerita pendek. Perhitungan uji yang berhasil diperoleh siswa kedua kelompok penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan awal dan kemampuan akhir siswa dalam menulis cerpen adalah berbeda dan menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini membuktikan jika penggunaan media mind-mapping didalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk materi menulis cerpen sangat membantu dan berhasil untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media Mind-mapping terhadap menulis cerpen siswa. |
Publisher Name | Universitas Djuanda |
Publish Date | 2023-11-30 |
Publish Year | 2023 |
Doi | DOI: 10.30997/karimahtauhid.v2i6.11222 |
Citation | |
Source | Karimah Tauhid |
Source Issue | Vol. 2 No. 6 (2023): Karimah Tauhid |
Source Page | 3005-3014 |
Url | https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/11222/4399 |
Author | Doctor of Philosophy NUR AINI, S.TP, M.P. |
File | 4331672.pdf |
---|