Garuda Documents : POLA INTERAKSI ANTARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN NON ABK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI SDN 1 TANJUNG, PURWOKERTO SELATAN)

TitlePOLA INTERAKSI ANTARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN NON ABK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI SDN 1 TANJUNG, PURWOKERTO SELATAN)
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractAbstrak Interaksi merupakan aktivitas sosial yang terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya pada dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, baik yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun guru dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengenetahui mengenai interaksi yang terjadi antara siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan siswa non-ABK (siswa normal) serta menggambarkan bentuk interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekolah inklusi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa ABK dan siswa non-ABK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi dalam dua pola yaitu asosiatif dan disosiatif. ABK mampu melakukan interaksi dengan siswa non-ABK meskipun interaksi yang dilakukan terbatas.
Publisher NameUniversitas Muhammadiyah Sorong
Publish Date2024-07-03
Publish Year2024
DoiDOI: 10.33506/jq.v13i1.3416
Citation
SourceQalam : Jurnal Ilmu Kependidikan
Source IssueVol. 13 No. 1 (2024): Juni
Source Page1-13
Urlhttps://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/3416/1852
AuthorAGUNG KURNIAWAN, S.Pd, M.Si
File4188608.pdf