Title | POLA INTERAKSI ANTARA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DENGAN NON ABK DI LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI DI SDN 1 TANJUNG, PURWOKERTO SELATAN) |
Author Order | 3 of 3 |
Accreditation | |
Abstract | Abstrak Interaksi merupakan aktivitas sosial yang terjadi dimana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja di berbagai aspek kehidupan. Salah satunya pada dunia pendidikan khususnya di lingkungan sekolah, baik yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, maupun guru dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengenetahui mengenai interaksi yang terjadi antara siswa Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan siswa non-ABK (siswa normal) serta menggambarkan bentuk interaksi sosial yang terjadi di lingkungan sekolah inklusi. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian yaitu siswa ABK dan siswa non-ABK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang terjadi dalam dua pola yaitu asosiatif dan disosiatif. ABK mampu melakukan interaksi dengan siswa non-ABK meskipun interaksi yang dilakukan terbatas. |
Publisher Name | Universitas Muhammadiyah Sorong |
Publish Date | 2024-07-03 |
Publish Year | 2024 |
Doi | DOI: 10.33506/jq.v13i1.3416 |
Citation | |
Source | Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan |
Source Issue | Vol. 13 No. 1 (2024): Juni |
Source Page | 1-13 |
Url | https://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/jq/article/view/3416/1852 |
Author | AGUNG KURNIAWAN, S.Pd, M.Si |
File | 4188608.pdf |
---|