Abstract | Upaya meyongsong merdeka belajar tidak terlepas dari peran dan gaya kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemimpin satuan Pendidikan. Riset ini bertujuan untuk mengetahui Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Menyongsong Merdeka Belajar di Era Industri 4.0. Riset ini menggunakan metode riset kualitatif dengan metode pengambilan sampel directed sample selection, diperoleh tiga sekolah yang berada di desa hutan sebagai subyek riset diantaranya Sekolah Dasar Negeri 1 Selogender, Sekolah Dasar Negeri 2 Kepoh, dan Sekolah Dasar Negeri 4 Bangkleyan. Hasil riset menunjukkan bahwa untuk menyongsong merdeka belajar di era Industri 4.0, kepala sekolah dasar yang menerapkan gaya kepemimpinan transformasional harus memenuhi beberapa kriteria, seperti memiliki pola pikir visioner dalam perkembangan IPTEK, jiwa inspirator yang mencerminkan pengaruh idealis, adaptasi yang baik terhadap bawahan, terbuka terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan mampu memotivasi guru untuk mencapai tujuan organisasi sebagai kebanggaan dan aktualisasi diri. Karakteristik tersebut dipengaruhi oleh kemampuan intern kepala sekolah. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar dalam menyongsong merdeka belajar di era Industri 4.0 meliputi karisma, pengaruh idealis, konsiderasi individu, stimulus intelektual, dan motivasi inspirasional. |