Garuda Documents : Strategi Mengatasi Kemandegan Guru dalam Meneliti, Menulis dan Publikasi

TitleStrategi Mengatasi Kemandegan Guru dalam Meneliti, Menulis dan Publikasi
Author Order1 of 3
Accreditation
AbstractDi era industri 4.0 dan masyarakat 5.0, guru perlu melengkapi keterampilan profesinya dengan kemampuan meneliti dan menulis artikel ilmiah hasil penelitian. Faktanya, banyak guru yang belum sanggup membuat artikel. Kasus ini juga terjadi pada mitra pengabdian yaitu 29 guru di SMA Negeri 1 Mirit. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra dalam (1) melakukan riset sederhana, (2) mengolah data dengan SPSS dan menarik kesimpulan secara statistika, (3) menulis artikel hasil riset dan (4) publikasi artikel. Pengabdian diawali dengan membimbing guru melakukan riset sederhana dan diakhiri dengan publikasi hasil risetnya. Pelaksanaan pengabdian diberikan dalam bentuk pelatihan riset, pembimbingan, pendampingan, konsultasi, dan praktik menulis dan mengirim artikel. Pengabdian dilakukan tiga kali pada bulan Maret, Juni dan September. Antar periode dilakukan penugasan dan pembimbingan melalui WA Group sehingga pengabdian berjalan tanpa putus. Hasil pengabdian adalah 100% guru mampu menyusun artikel hasil penelitiannya. Secara terperinci, 76% guru mampu membuat draft kasar artikel, dan dari 38% guru yang sudah menghasilkan draft halus artikel, hanya 24% yang sudah mengirimkan artikelnya dan terbit pada jurnal nasional OJS ber-ISSN. Keberhasilan pengabdian diharapkan berdampak pada peningkatan peran dan posisi sekolah sebagai sekolah perintis di Kabupaten Kebumen.
Publisher NameCV. Ulil Albab Corp
Publish Date2023-07-19
Publish Year2023
DoiDOI: 10.56799/jim.v2i9.2133
Citation
SourceULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Source IssueVol. 2 No. 9: Agustus 2023
Source Page4107-4120
Urlhttps://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/2133/1729
AuthorAGUNG PRABOWO, S.Si, M.Si
File3684691.pdf