Garuda Documents : Analisis Kinerja Siswa dalam Pemahaman Materi Sistem Persamaan Linier: Suatu Tinjauan Awal

TitleAnalisis Kinerja Siswa dalam Pemahaman Materi Sistem Persamaan Linier: Suatu Tinjauan Awal
Author Order1 of 2
Accreditation
AbstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh keingin-tahuan peneliti terkait kesulitan siswa dalam memahami Persamaan Linier Satu Variabel (PLSV) dan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Berdasarkan kesulitan yang teridentifikasi, dilakukan tindakan untuk mengatasinya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui tindakan yang dilakukan berpengaruh atau tidak pada perubahan pemahaman siswa ke arah yang lebih baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tiga siswa sebagai narasumber atau informan. Sebagai penelitian kualitatif, hasil dari riset ini tidak dapat digeneralisasi dan hanya berlaku untuk subjek yang diteliti. Fakta atau temuan penelitian ini mungkin terjadi pada subjek lain. Temuan penelitian ini adalah ketiga informan tidak melakukan langkah pamungkas berupa mengecek kembali jawaban yang sudah diperoleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan yang dilakukan berhasil meningkatkan pemahaman pada dua orang informan. Seorang informan melakukan kekeliruan yang tidak semestinya dilakukan, yaitu tidak melakukan cek ulang atas jawaban yang telah diperoleh pada saat menjawab pretes dan postes.
Publisher NameCV. Ulil Albab Corp
Publish Date2022-12-01
Publish Year2022
DoiDOI: 10.56799/peshum.v2i1.990
Citation
SourcePESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora
Source IssueVol. 2 No. 1: Desember 2022
Source Page27-40
Urlhttps://journal-nusantara.com/index.php/PESHUM/article/view/990/980
AuthorAGUNG PRABOWO, S.Si, M.Si
File3653390.pdf