Garuda Documents : PENINGKATAN LITERASI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE PHOTOVOICE

TitlePENINGKATAN LITERASI COVID-19 PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI METODE PHOTOVOICE
Author Order1 of 3
Accreditation4
AbstractTerdapat banyak kajian ilmiah yang menyebutkan bagaimana pandemi COVID-19 berdampak bagi manusia di berbagai lini kehidupan. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah melalui peningkatan kesadaran mengenai COVID-19 dan bagaimana hidup berdampingan dengan COVID-19. Kegiatan literasi COVID-19 terhadap generasi muda menjadi alasan utama untuk penyelenggaraan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Para siswa SMPN 7 Purwokerto dipilih menjadi target sasaran kegiatan literasi COVID-19 dengan menggunakan metode photovoice—sebuah metode yang dianggap sesuai dengan usia remaja karena menggunakan media photo dan caption. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi COVID-19 pada siswa SMPN 7 Purwokerto sebagai upaya untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dan mempersiapkan masyarakat untuk siap hidup berdampingan dengan virus tersebut. Dengan menggunakan tatap muka virtual dalam kurun waktu satu bulan, kegiatan ini berlangsung dengan kegiatan ceramah, diskusi, dan pendampingan pembuatan karya photovoice. Hasil kegiatan ini berupa peningkatan pemahaman terhadap COVID-19 yang dirasakan oleh para peserta yang diperoleh dengan dua proses evaluasi yakni melalui kuesioner dan melalui karya photovoice yang telah dihasilkan oleh para siswa.
Publisher NameUniversitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Publish Date2023-05-30
Publish Year2023
DoiDOI: 10.31604/jpm.v6i4.1207-1219
Citation
SourceMartabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Source IssueVol 6, No 4 (2023): Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Source Page1207-1219
Urlhttp://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/9996/pdf
AuthorRIRIN KURNIA TRISNAWATI, S.S.
File3515626.pdf