Garuda Documents : Game Edukasi Pengenalan Tokoh Pewayangan untuk Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 1 Polan

TitleGame Edukasi Pengenalan Tokoh Pewayangan untuk Kelas 4 di Sekolah Dasar Negeri 1 Polan
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractMetode belajar manual sering kali membuat siswa mudah bosan dan tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini membuat siswa malas untuk belajar.Game edukasi dapat menjadi media pembelajaran alternative untuk mengembalikan minat belajar siswa. Pengunaan game edukasi dalam pendidikan dan pengajaran terus bertambah. Hal ini karena game edukasi memiliki kelebihan dalam hal visualisasi dari kasus nyata. Tidak hanya itu game edukasi pula mempunyai bentuk pengajaran yang cepat, menarik serta bermanfaat. Game edukasi pengenalan tokoh pewayangan ini menggunakan metode GDLC. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa tokoh wayang yang ada di Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat siswa bosan dengan adanya animasi yang menarik. Game ini dibuat menggunakan software Construct 2. Pengujian game ini menggunakan black box testing dan paired sample t-test dengan responden yang terdiri dari 30 orang. Berdasarkan pengujian yang dilakukan memperolah hasil t-hitung > t-tabel sebesar 4.334 > 2.045 sehingga kesimpulannya memiliki pengaruh dalam meningkatan minat belajar siswa sehingga game wayang ini layak diterapkan sebagai media pembelajaran.
Publisher NameCV Firmos
Publish Date2023-02-10
Publish Year2023
DoiDOI: 10.54082/jupin.114
Citation
SourceJurnal Penelitian Inovatif
Source IssueVol 3 No 1 (2023): JUPIN April 2023
Source Page1-10
Urlhttps://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/114/101
AuthorIr. YOGIEK INDRA KURNIAWAN, S.T, M.T
File3322140.pdf