Garuda Documents : PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA

TitlePENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractPengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran berbasis literasi sains terhadap aktivitas dan hasil belajar materi perubahan lingkungan kelas X SMA. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis literasi sains, sedangkan variabel terikatnya adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA As’adiyah Putri Sengkang Kabupaten Wajo sebanyak 5 kelas, sedangkan sampelnya adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 23 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan mengisi lembar observasi aktivitas belajar, memberi tes hasil belajar kognitif, pengisian angket hasil belajar afektif, dan mengisi lembar observasi psikomotorik pada materi perubahan lingkungan. Teknik analisis data dilakukan dengan uji t dan analisis covariat (Anacova). Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa aktivitas belajar memiliki P < 0,001; hasil belajar kognitif memiliki P <0,001; hasil belajar afektif memiliki P < 0,001; dan hasil belajar psikomotorik memiliki P 0,043; atau semua nilai P < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis literasi sains berpengaruh secara segnifikan terhadap aktivitas dan hasil belajar materi perubahan lingkungan kelas X SMA.
Publisher NameUniversitas Negeri Makassar
Publish Date2022-10-16
Publish Year2021
Doi
Citation
SourceUNM Journal of Biological Education
Source IssueVol 5, No 1 (2021): September 2021
Source Page
Url
AuthorHARTONO, M.Si
File3153795.pdf