Garuda Documents : Karakteristik Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa

TitleKarakteristik Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa
Author Order3 of 3
Accreditation3
AbstractSCL (student centered learning) merupakan strategi pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai subyek yang aktif, mandiri dan bertanggung jawab sepenuhnya dalam proses belajarnya. Peserta didik beserta proses belajarnya menjadi tokoh utama dalam proses pembelajaran. Semakin kompleksnya materi belajar dan tantangan kebutuhan jaman yang dinamis menuntut adanya kemampuan belajar yang mandiri. Oleh karena itu, kesiapan mahasiswa untuk belajar atas keinginan sendiri (self directed learning readiness) merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi karakteristik kesiapan belajar mandiri mahasiswa Kedokteran Umum. Desain penelitian ini ialah mixed methods secara analitik observasional dengan pendekatan cross sectional dan pendekatan fenomenologi untuk mendalami hasil penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pengisian kuesioner Self Directed Learning Readiness Scale dan wawancara semi terstruktur. Kesimpulan penelitian ini ialah rata-rata mahasiswa Kedokteran Umum memiliki skor kesiapan belajar mandiri yang tinggi. Mahasiswa angkatan 2019 menunjukkan skor kesiapan belajar mandiri kategori sedang sebanyak 9.1%, tinggi 57.3%, dan sangat tinggi 33.6%. Mahasiswa angkatan 2016 menunjukkan skor kesiapan belajar mandiri kategori sedang sebanyak 17.8%, tinggi 50.5%, dan sangat tinggi 31.7%. Sedangkan mahasiswa profesi angkatan 2014 menunjukkan skor kesiapan belajar mandiri kategori rendah sebanyak 2.3%, sedang 4.5%, tinggi 56.8%, dan sangat tinggi 36.4%. Proses identifikasi kebutuhan belajar sudah baik, namun konsistensi, manajemen waktu, pengendalian diri, wawasan kinerja, dan ulasan masih perlu ditingkatkan.
Publisher NameCV Infinite Corporation
Publish Date2022-08-19
Publish Year2022
DoiDOI: 10.52436/1.jpti.209
Citation
SourceJurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia
Source IssueVol 2 No 8 (2022): JPTI - Agustus 2022
Source Page379-383
Urlhttps://jpti.journals.id/index.php/jpti/article/view/209/142
Authordr. RADITYA BAGAS WICAKSONO, S.Ked
File3115476.pdf