Garuda Documents : PROSPEK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TUMIYANG KABUPATEN BANYUMAS (Studi Evaluasi Implementasi Program P2MPD) PROSPECT OF WOMEN EMPOWERMENT IN TUMIYANG VILLAGE OF BANYUMAS REGENCY (Evaluation Study of The Implementation P2MPD Program)

TitlePROSPEK PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DI DESA TUMIYANG KABUPATEN BANYUMAS (Studi Evaluasi Implementasi Program P2MPD) PROSPECT OF WOMEN EMPOWERMENT IN TUMIYANG VILLAGE OF BANYUMAS REGENCY (Evaluation Study of The Implementation P2MPD Program)
Author Order of
Accreditation
AbstractPerempuan telah berpartisipasi secara aktif dalam setiap tahapan kegiatan program P2MPD. Partisipasi perempuan tersebut tidak berawal dari kesadaran, tetapi lebih karena memenuhi ketentuan program dan pelaksana. Pada tahapan selanjutnya partisipasi perempuan telah dilandasi keinginan untuk belajar dan memenuhi kepercayaan pemilih. Faktor-faktor penghambat proses pemberdayaan perempuan adalah belum ada kesepakatan di antara para pelaksana program; mekanisme yang “memaksa” perempuan berpartisipasi sebagai anggota Tim Sembilan; masih besar peran aparatur desa dan pelaksana program; Program lebih berorientasi pada aspek fisik; masih besarnya orientasi pemerintah desa pada elit desa dan elit organisasi desa; kurangnya dukungan keluarga terhadap keterlibatan perempuan dalam kegiatan Tim Sembilan dan program P2MPD. Sedangkan faktor-faktor pendukungnya adalah ketegasan prinsip pemberdayaan perempuan pada program mampu mendorong partisipasi perempuan dalam Tim Sembilan dan pelaksanaan program P2MPD; anggota perempuan Tim Sembilan mempunyai kemauan untuk belajar.
Publisher NamePembangunan Pedesaan
Publish Date2004-04-30
Publish Year2004
Doi
Citation
SourcePembangunan Pedesaan
Source IssueVol 4, No 1 (2004)
Source Page
Urlhttp://journal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Pembangunan/article/view/70
AuthorALIZAR ISNA, S.Sos, M.Si
File308349.pdf