Garuda Documents : Pengembangan Buku Fabel Dwibahasa Bermuatan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Dasar

TitlePengembangan Buku Fabel Dwibahasa Bermuatan Pendidikan Karakter bagi Siswa SD Kelas Dasar
Author Order1 of 3
Accreditation3
AbstractLiterasi di Indonesia yang bisa dikatakan masih cukup rendah inilah yang menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia. Aktivitas membaca menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan literasi. Hal ini tentunya diperlukan buku yang menarik siswa untuk membaca. Melalui buku fabel dengan menghadirkan cerita yang ringan dan singkat untuk menarik siswa kelas dasar untuk membaca. Buku fabel juga menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter sebagai pondasi awal membentuk karakter anak. Buku fabel ini disajikan juga menggunakan dwibahasa yaitu bahasa Indonesia sebagai bahasa utama dan bahasa jawa sebagai wujud melestarikan kebudayaan daerah yang beragam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian research & development (R&D) model Borg & Gall. Hasil awal berupa prinsip pengembangan buku meliputi prinsip kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikaan berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Produk pengembangan buku cerita fabel dwibahasa bermuatan pendidikan karakter bagi Siswa Kelas Dasar ini juga dapat digunakan sebagai buku penunjang dalam proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Buku fabel ini selain sebagai sarana untuk memupuk nilai pendidikan karakter pada siswa juga sebagai sarana hiburan untuk meningkatkan imajinasi siswa dengan tujuan kesenangan. Buku fabel ini juga menggunakan dwi bahasa yang melatih siswa melancarkan bahasa Indonesia juga mengenalkan bahasa daerah yaitu bahasa Jawa sesuai kurikulum merdeka.
Publisher NameUniversitas Negeri Semarang
Publish Date2022-12-01
Publish Year2022
DoiDOI: 10.15294/jsi.v11i3.61287
Citation
SourceJurnal Sastra Indonesia
Source IssueVol 11 No 3 (2022): November
Source Page189-195
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/jsi/article/view/61287/23056
AuthorUKI HARES YULIANTI, S.Pd, M.Pd
File3069319.pdf