Garuda Documents : Distinguish Hand Activities in Japanese Based on a Field Study of Meaning

TitleDistinguish Hand Activities in Japanese Based on a Field Study of Meaning
Author Order2 of 3
Accreditation4
AbstractKajian ini merupakan lingkup kajian medan makna yang akan memberikan strategi pemahaman seperangkat kata. Seperangkat kata dalam ilmu linguistik merupakan tanda linguistik yang terdiri dari unsur bunyi dan makna. Kedua unsur ini adalah unsur dalam-bahasa (intralingual) yang biasanya merujuk atau mengacu kepada sesuatu referen yang merupakan unsur luar- bahasa (extralingual). Dalam bidang semantik istilah yang biasa digunakan untuk tanda-linguistik itu adalah leksem, yang lazim didefinisikan sebagai kata atau frase yang merupakan satuan bermakna. Penelitian ini mengambil data berupa aktivitas tangan dalam bahasa Jepang yang ditunjukkan melalui satuan kata atau frase. Aktivitas tangan merupakan gerakan anggota tubuh dari bahu hingga ujung jari. Kegiatan anggota tubuh ini bisa menunjukkan gerakan seperti memegang, melempar, membuka, menyentuh, memakai, menyakiti, mengambil, membawa, menarik, memasukkan, meletakkan, memberi, mengatur, mencampur, dan membersihkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan bentuk penelitian kualitatif. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Unsoed yang mengambil mata kuliah semantik. Teknik yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah kosakata dalam bahasa Jepang serta dapat memperluas pemahaman mahasiswa terhadap makna aktivitas tangan.
Publisher NameCV. Ridwan Publisher
Publish Date2022-07-27
Publish Year2022
DoiDOI: 10.36418/syntax-literate.v7i7.8841
Citation
SourceSyntax Literate
Source IssueJurnal Ilmiah Indonesia
Source PageVol. 7 No. 7 (2022): Syntax Literate: Jurnal Ilmia
Urlhttps://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/8841/5073
AuthorDr ELY TRIASIH RAHAYU, S.S., M.Hum
File2935408.pdf