Garuda Documents : Peningkatan Pemahaman Karakter Islam melalui Penerapan Model Halaqah pada Mahasiswa Muslim Pendidikan Matematika

TitlePeningkatan Pemahaman Karakter Islam melalui Penerapan Model Halaqah pada Mahasiswa Muslim Pendidikan Matematika
Author Order2 of 2
Accreditation
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karakter islam melalui penerapan model halaqah pada mahasiswa muslim pendidikan matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan bentuk penelitian tindakan dan dirancang menggunakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian Aktivitas Dosen dan Murobbi dalam mengelola pembelajaran dengan penerapan model Halaqah pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam di salah satu kelas program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak mengalami peningkatan secara signifikan terutama pada kegiatan memotivasi mahasiswa dalam mengaitkan pengalaman sehari-hari dan kemampuan mendorong siswa untuk mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami. Aktivitas mahasiswa dengan penerapan model halaqah sebagian besar mengalami peningkatan, terutama pada kegiatan mengajukan pertanyaan mengenai materi yang dipelajari, memberikan alasan terhadap jawaban yang diberikannya dan partisipasi dalam menanggapi jawaban mahasiswa lain. persentase aktivitas guru dan mahasiswa sebagai berikut: persentase keterlaksanaan aktivitas guru yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 91% yang termasuk kategori sangat tinggi dan persentase keterlaksanaan aktivitas mahasiswa yang diamati pada siklus kedua adalah sebesar 89% yang termasuk kategori sangat tinggi.
Publisher NameLP3M Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan SAMAWA SUMBAWA BESAR
Publish Date2022-07-06
Publish Year2022
DoiDOI: 10.35964/al-munawwarah.v14i1.4498
Citation
SourceAl-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam
Source IssueVol. 14 No. 1 (2022): Maret
Source Page22-34
Urlhttp://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/munawwarah/article/view/4498/3057
AuthorHARTONO, M.Si
File2849973.pdf