Garuda Documents : Literasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Asesmen Dinamis

TitleLiterasi Matematika Berdasarkan Self Efficacy dengan Model Flipped Classroom Menggunakan Asesmen Dinamis
Author Order2 of 3
Accreditation3
AbstractMenghadapi pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19 guru harus bisa menyesuaikan pembelajaran seefektif mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi matematika siswa yang Berdasarkan self-efficacy dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis. Metode dalam penelitian ini menggunakan mix method dengan menggunakan design embedded concurrent. Subjek penelitian adalah enam siswa di salah satu SMP yang berada di Kutai Timur Kalimantan Timur. Validasi instrumen dinilai oleh dosen ahli literasi matematika dan asesmen dinamis, beserta guru. Instrumen penelitian berupa lembar validasi materi, beserta angket uji coba penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi matematika siswa dengan model pembelajaran flipped classroom berbantuan asesmen dinamis lebih baik dari pada siswa dengan model pembelajaran problem based learning dengan pemanfaatan teknologi. Self efficacy sangat berpengaruh terhadap literasi matematika sangat signifikan begitu pula pengelompokan self efficacy tinggi, self efficacy sedang dan self efficacy rendah sangat berpengaruh terhadap literasi matematika siswa.
Publisher NameUniversitas Suryakancana
Publish Date2022-06-10
Publish Year2022
DoiDOI: 10.35194/jp.v11i1.2153
Citation
SourcePRISMA
Source IssueVol 11, No 1 (2022): PRISMA Volume 11, No 1 Tahun 2022
Source Page42-52
Urlhttps://jurnal.unsur.ac.id/prisma/article/view/2153/1637
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File2837451.pdf