Garuda Documents : Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement

TitleProblem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement
Author Order3 of 3
Accreditation2
AbstractProses pembelajaran yang membosankan membuat partisipasi siswa dalam kegiatan belajar di kelas kurang antusias sehingga dapat membuat prestasi belajar siswa menurun. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran berbasis masalah TIK dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial. Sampel penelitian ini adalah XI - IPA 1, XI - IPA 2, XI - IPA 3, dan XI - IPA 5 yang masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa dan total 170 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berupa soal pilihan ganda dan tes kreativitas berupa soal uraian. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan Two Way Anova. Hasil penelitian ini diperoleh F-hitung = 28,908 dengan nilai signifikansi 0,000 kurang dari 0,05, diperoleh F-hitung = 4,623 dengan nilai signifikansi 0,033 lebih kecil dari 0,05, diperoleh F-hitung = 6,060 dengan a nilai signifikansi 0,015 lebih kecil dari 0,05. Dari hasil penelitian ini dapat diimplikasikan untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah, model pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan sebagai model alternatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang interaktif.
Publisher NameUniversitas Pendidikan Ganesha
Publish Date2021-02-15
Publish Year2021
DoiDOI: 10.23887/mi.v26i1.31486
Citation
SourceMimbar Ilmu
Source IssueVol. 26 No. 1 (2021): April
Source Page60-69
Urlhttps://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/31486/18029
AuthorHARTONO, M.Si
File2793315.pdf