Garuda Documents : BunSay : Pusat Literasi Berbasis Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Sukoharjo

TitleBunSay : Pusat Literasi Berbasis Kreativitas Pada Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Sukoharjo
Author Order4 of 4
Accreditation5
AbstractTujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran teoritis dan praktis tentang implementasi pembelajaran melalui pusat keBun Saya untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini, yang akan dianalisis lebih lanjut. Alasan pemilihan strategi adalah kemampuan literasi anak masih rendah. Metode dalam penelitian ini adalah melalui pembelajaran pusat BunSay. Prosedur kerja yang dilakukan adalah dimulai deari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, foto/dokumentasi kegiatan. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan ∑ Anak yang   mendapat nilai ê3 dan ê4 X 100 % ∑ Jumlah anak dalam kelompok. Hasil dari pembelajaran melalui pusat BunSay ini adalah kemampuan literasi dan kreativitas anak berkembang sesuai harapan guru atau berkembang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari jumlah anak yang memperoleh nilai BSH atau Berkembang Sangat Baik dari kondisi awal 3 anak menjadi 8 anak.  Beberapa kendala yang terjadi di lapangan antara lain faktor pemeliharan, keamanan, alam, dan pendanaan, sedangkan faktor yang mendukung adalah fasilitas lahan yang ada, kerjasama dari guru, pengalaman dan kemampuan guru. Tindak lanjut dalam menerapkan pembelajaran ini adalah adanya upaya perbaikan, fasilitas pendukung lainnya. Simpulan melalui pembelajaran bercerita di pusat BunSay dapat meningkatkan kemampuan bercerita berbasis kreativitas anak usia dini di TK Negeri Pembina Kabupaten Sukoharjo.
Publisher NameUniversitas Veteran Bangun Nusantara
Publish Date2022-03-26
Publish Year2022
DoiDOI: 10.32585/jp.v31i1.2004
Citation
SourceJURNAL PENDIDIKAN
Source IssueVol 31, No 1 (2022)
Source Page29-36
Urlhttp://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp/article/view/2004/1366
AuthorHARTONO, M.Si
File2625564.pdf