Garuda Documents : KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA

TitleKEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MURDER BERPENDEKATAN PMRI DENGAN ASESMEN KINERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SMP SERUPA PISA
Author Order3 of 3
Accreditation
AbstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesman kinerja terhadap kemampuan literasi matematika. Metode penelitian ini adalah metode kombinasi concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelompok sampel diberi pretes dan postes dengan instrumen yang sama. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, ANAVA, uji LSD, dan uji Gain ternormalisasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja efektif pada pencapaian kemampuan literasi matematika siswa, (2) kualitas pembelajaran melalui pembelajaran MURDER berpendekatan PMRI dengan asesmen kinerja mencapai kategori baik, dan (3) kemampuan literasi matematika subjek pada kelompok atas dapat memenuhi enam aspek pada literasi matematika, subjek pada kelompok menengah dapat memenuhi lima aspek pada literasi matematika, dan subjek pada kelompok bawah dapat memenuhi tiga aspek pada literasi matematika.
Publisher NameDepartment of Mathematics, Universitas Negeri Semarang
Publish Date2016-08-31
Publish Year2016
DoiDOI: 10.15294/ujme.v5i2.11404
Citation
SourceUnnes Journal of Mathematics Education
Source IssueVol 5 No 2 (2016): Unnes Journal of Mathematics Education
Source Page
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/11404/6847
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File2569170.pdf