Garuda Documents : KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN KARTU KERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII

TitleKEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN KARTU KERJA PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII
Author Order2 of 3
Accreditation
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematika dan kepercayaan diri siswa kelas VIII. Polpulasi dari penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 1 Karanganyar, Demak. Dengan teknik simple random sampling diperoleh kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen-1, kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen-2, dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen-1 diberi perlakuan dengan pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja, Kelas eksperimen-2 dengan pembelajaran CORE, dan kelas kontrol dengan pembelajaran langsung. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) siswa kelas eksperimen-1 dapat mencapai ketuntasan klasikal, (2) siswa kelas eksperimen-2 telah mencapai ketuntasan klasikal, (3) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2 dan kelas kontrol, dan (3) rata-rata kepercayaan diri siswa kelas eksperimen-1 lebih baik daripada kelas eksperimen-2 dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran CORE berbantuan kartu kerja efektif pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri siswa.
Publisher NameDepartment of Mathematics, Universitas Negeri Semarang
Publish Date2015-11-12
Publish Year2015
DoiDOI: 10.15294/ujme.v4i2.8497
Citation
SourceUnnes Journal of Mathematics Education
Source IssueVol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Source Page
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/8497/5658
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File2569091.pdf