Garuda Documents : ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC

TitleANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MODEL PEMBELAJARAN TSTS DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC
Author Order2 of 3
Accreditation
AbstractTujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa pada model TSTS dengan pendekatan scientific dan menjelaskan fakor penghambat kemampuan komunikasi matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu 6 siswa kelas VIII G SMP N 16 Semarang tahun 2014/2015. Metode yang digunakan adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan lembar pengamatan. Hasil penelitian yang diperoleh untuk subjek kelompok tinggi cenderung mampu mencapai indikator mengekspresikan, mendemonstrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok tinggi dari faktor kemampuan membaca dan menulis. Kelompok sedang cenderung mampu mencapai indikator kemampuan mendemonstrasikan, menggambarkan, mengevaluasi ide matematis, dan kemampuan menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika, struktur-strukturnya untuk menyajikan ide matematis. Hambatan yang dimiliki subjek kelompok sedang dari faktor kemampuan membaca, menulis, dan pemahaman matematik. Sedangkan kelompok rendah cenderung mampu mencapai indikator mendemostrasikan, menggambarkan, dan menginterpretasikan ide matematis serta memiliki hambatan dari faktor kemampuan membaca, menulis, pengetahuan prasyarat, dan pemahaman matematik.
Publisher NameDepartment of Mathematics, Universitas Negeri Semarang
Publish Date2015-08-03
Publish Year2015
DoiDOI: 10.15294/ujme.v4i2.7452
Citation
SourceUnnes Journal of Mathematics Education
Source IssueVol 4 No 2 (2015): Unnes Journal of Mathematics Education
Source Page
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/7452/6987
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File2569070.pdf