Garuda Documents : KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN FACEBOOK LEARNING DAN CABRI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

TitleKEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAPPS BERBANTUAN FACEBOOK LEARNING DAN CABRI PADA PENCAPAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
Author Order2 of 3
Accreditation
AbstractTujuan penelitian ini untuk mengetahui kelas dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri mencapai ketuntasan, dan mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik dari model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan tahun pelajaran 2012/2013. Secara acak terpilih sampel kelas XI RPL 1 dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri, kelas XI TP dengan model TAPPS berbantuan Cabri dan kelas XI TKR 3 dengan model ekspositori. Dari hasil uji ketuntasan belajar diperoleh kelas dengan pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri telah mencapai ketuntasan. Dari hasil uji Anova satu jalur diperoleh rata-rata ketiga kelas sampel berbeda signifikan dan hasil uji lanjut LSD menunjukkan rata-rata kelas dengan model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik daripada model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori. Simpulan yang diperoleh adalah kelas dengan model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri serta dengan model TAPPS berbantuan Cabri telah mencapai ketuntasan untuk kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran model TAPPS berbantuan Facebook Learning dan Cabri lebih baik dari model TAPPS berbantuan Cabri dan model ekspositori.
Publisher NameDepartment of Mathematics, Universitas Negeri Semarang
Publish Date2014-03-17
Publish Year2014
DoiDOI: 10.15294/ujme.v3i1.3437
Citation
SourceUnnes Journal of Mathematics Education
Source IssueVol 3 No 1 (2014): Unnes Journal of Mathematics Education
Source Page
Urlhttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/article/view/3437/3104
AuthorDr. KARTONO, S.H., M.H
File2568957.pdf