Garuda Documents : Analisis Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone Terhadap Pengemudi Sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial

TitleAnalisis Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone Terhadap Pengemudi Sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial
Author Order3 of 4
Accreditation3
AbstractSebagian besar kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh gangguan yang dialami oleh pengemudi saat menyetir disebut driving distraction. Jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 18.000 jiwa mayoritas disebabkan oleh driving distraction  salah satunya karena penggunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh driving distraction, berdasarkan distraction time, time traffic, jenis jalan, dan menganalisa penggunaan smartphone. Metode eksperimen yakni multilevel factorial desain dengan purposive sampling menggunakan driving simulator di laboratorium. Perlakuan yang diberikan yakni membaca pesan, membuka peta, dan membalas pesan. Berdasarkan hasil penelitian , pada kondisi jalan dengan 4 lajur kondisidan traffic off-peak (senggangsepi), penggunaan smartphone selama 10 detik beresiko kecelakaan rendah (mencapai 0%). Kondisi jalan dengan dua lajur dan traffic peak hour (sibuk), penggunaan smartphone selama 25 detik memiliki tingkat rasio terjadinya kecelakaan yang relative relatif tinggi (70%). Penggunaan smartphone selama 45 detik bertingkat resiko terjadinya kecelakaan mencapai 100%, jalan dua lajur dengan traffic peak hour. Terdapat tingkat kecelakaan yang rendah atau cenderung tidak terjadi pada penggunaan smartphone  saat berkendara dengan nilai Y = 1.450, kondisi tersebut ialah kombinasi antara durasi 10 detik, jalan 2 lajur, dan traffic off-peak. Penggunaan smartphone saat berkendara lebih dari 10 detik pada jalan 2 atau 4 lajur dengan kondisi lalu lintas sepi maupun sibuk menunjukkan resiko kecelakaan 65%-100%.
Publisher NameJenderal Soedirman University
Publish Date2022-02-10
Publish Year2022
DoiDOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.521
Citation
SourceDinamika Rekayasa
Source IssueVol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Source Page99-108
Urlhttps://dinarek.unsoed.ac.id/jurnal/index.php/dinarek/article/view/521/pdf
AuthorIr KATON MUHAMMAD, S.T, M.T
File2557458.pdf