Title | Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa dan siswi SMPN 7 Purwokerto melalui kegiatan literasi Bahasa Inggris |
Author Order | 1 of 3 |
Accreditation | 5 |
Abstract | Generasi milenial membutuhkan Bahasa Inggris karena batas-batas antar negara tidak terlihat lagi. Hal ini membuat kita harus mampu melakukan komunikasi dengan menggunakan Bahasa internasional, dan Bahasa Inggris salah satunya. Namun, dampak penerapan kurikulum 2013 tentang berkurangnya jumlah jam beberapa mata pelajaran termasuk mata pelajaran Bahasa Inggris membuat usaha untuk mempelajari Bahasa tersebut berkurang. Karena itu perlu strategi untuk memudahkan mengusai bahasa tersebut. Fokus pada keterampilan-keterampilan bahasa seperti berbicara, menulis, mendengar dan membaca adalah salah satu caranya. Melihat kompleknya permasalahan penguasaan bahasa ini, siswa SMPN 7 Purwokerto membutuhkan bantuan untuk mengusai Bahasa Inggris. Bantuan ini sifatanya hanya sementara karena setelah itu diharapkan para siswa dapat mandiri melakukan usaha-usaha untuk meningkatkan keterampilan bahasanya. Hal-hal inilah yang menjadi fokus pengabdian masyarakat dosen-dosen FIB Unsoed. Kelas-kelas formal yang tidak dapat memberikan porsi peningkatan kompetensi menulis menjadi latar belakang utama dilakukan pengabdian ini. Sehingga tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis melalui kegiatan literasi berbahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi dan workshop. Hasil pengabdian berupa 1 buku kumpulan cerita pendek dengan 18 cerita didalamnya menjadi bukti keberhasilan pengabdian ini. |
Publisher Name | LPPM IKIP PGRI Pontianak |
Publish Date | 2021-12-31 |
Publish Year | 2021 |
Doi | DOI: 10.31571/gervasi.v5i3.2197 |
Citation | |
Source | GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat |
Source Issue | Vol 5, No 3 (2021): GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat |
Source Page | 322-335 |
Url | http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/gervasi/article/view/2197/1641 |
Author | MIA FITRIA AGUSTINA, S.S., M.A. |
File | 2513177.pdf |
---|