Garuda Documents : Pemetaan Kata Kunci dan Polaritas Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kehalalan Produk

TitlePemetaan Kata Kunci dan Polaritas Sentimen Pengguna Twitter Terhadap Kehalalan Produk
Author Order2 of 4
Accreditation2
AbstractKehalalan menjadi trend dunia sehingga kehalalan menjadi standar mutu suatu produk terutama makanan dan minuman untuk konsumen muslim dan nonmuslim. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk memetakan kata kunci dan polaritas opini pengguna twitter terhadap kehalalan produk secara global. Data twitter digali dan dipersiapkan dengan text mining pada Rstudio yang selanjutnya dianalisis polaritas dengan naïve bayes classifier. Preprosesing data yang dilakukan meliputi penghapusan duplikasi tweet, tokenisasi, penghapusan stopword dan pencarian akar kata. Pemetaan kata kunci dilakukan dari hasil bar plot yang dihasilkan. Kata kunci ini memberikan gambaran apa saja yang diperhatikan oleh pengguna twitter yang berkaitan dengan kehalalan suatu produk terutama produk pangan Hasil penelitian menunjukkan bahwa kata kunci utama dari opini di twitter terkait kehalalan produk adalah produk, makanan, minuman, garansi, dan lingkungan. Selain itu polaritas opini menunjukkan bahwa trend kehalalan produk ini diapresiasi positif oleh mayoritas pengguna Twitter yakni sebsar 70%, 16% bersifat netral, dan lainnya negatif. Hal ini memberikan peluang usaha dalam bidang pangan halal di pasar global dan harapannya dapat memotivasi pengusaha untuk mensertifikasi halal produknya.
Publisher NameLPPM Universitas Bumigora
Publish Date2021-11-26
Publish Year2021
DoiDOI: 10.30812/matrik.v21i1.1162
Citation
SourceMATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer
Source IssueVol 21 No 1 (2021)
Source Page1-10
Urlhttps://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/matrik/article/view/1162/808
AuthorDr ARDIANSYAH, S.TP, M.Si
File2455241.pdf