Garuda Documents : Daya Saing Ekspor Minyak Kelapa (Crude Coconut Oil) Indonesia di Pasar Internasional

TitleDaya Saing Ekspor Minyak Kelapa (Crude Coconut Oil) Indonesia di Pasar Internasional
Author Order3 of 3
Accreditation4
AbstractPerdagangan Internasional dapat didefinisikan sebagai aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Minyak kelapa mentah  merupakan produk unggulan ekspor Indonesia, serta termasuk dalam ekspor terbesar kedua di dunia. Peningkatan konsumsi minyak kelapa mentah dunia menjadi peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan ekspor minyak kelapa mentah. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui posisi daya saing ekspor minyak kelapa mentah Indonesia di pasar internasional, (2) Mengetahui daya saing ekspor minyak kelapa mentah Indonesia apakah menunjukkan tren positif atau negatif, (3) Mengetahui kinerja ekspor minyak kelapa mentah Indonesia di pasar internasional.Penelitian ini dilaksanakan tanggal 20 Maret sampai 9 April 2020. Obyek penelitian ini adalah ekspor crude coconut oil (kode HS 151311) Indonesia. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Competitiveness Index (ECI), dan Products Mapping. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspor Indonesia berada pada kelompok A yang artinya memiliki keunggulan komparatif dengan spesialisasi ekspor. Daya saing ekspor Crude Coconut Oil Indonesia menunjukkan tren daya saing yang positif. Hasil analisis TBI menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara dengan spesialisasi ekspor Crude Coconut Oil.
Publisher NameDepartment of Agricultural Social Economics, Faculty of Agriculture, Brawijaya University
Publish Date2022-01-16
Publish Year2022
DoiDOI: 10.21776/ub.jepa.2022.006.02.6
Citation
SourceJurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis
Source IssueVol 6, No 1 (2022)
Source Page51-61
Urlhttps://jepa.ub.ac.id/index.php/jepa/article/view/863/422
AuthorRATNA SATRIANI, S.P, M.Sc.
File2417523.pdf