Garuda Documents : FUNDAMENTAL MOVEMENT SKILLS: IDENTIFIKASI KETERAMPILAN GERAK DASAR OLAHRAGA PADA SISWA

TitleFUNDAMENTAL MOVEMENT SKILLS: IDENTIFIKASI KETERAMPILAN GERAK DASAR OLAHRAGA PADA SISWA
Author Order2 of 3
Accreditation4
AbstractPenelitian analisis keterampilan gerak olahraga berbasis Fundamental Movement Skills bertujuan untuk untuk mengukur dan mengetahui keterampilan gerak olahraga yang dimiliki oleh siswa SD dan SMP di Kecamatan Sumbang. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena dengan diketahuinya tingkat keterampilan gerak olahraga pada siswa disetiap jenjang pendidikan maka akan membantu guru dan pelatih untuk membina anak dalam menggali potensi olahraga yang dimiliki sehingga dapat membantu anak untuk berkembang sesuai bakat dan dapat berprestasi tinggi di masa yang akan datang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan Survey. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes Fundamental Movement Skills untuk mengukur tingkat keterampilan gerak olahraga pada siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 35 orang dengan rincian 25 siswa SD dan 15 siswa SMP. Hasil penelitian keterampilan gerak olahraga pada siswa SD menunjukan bahwa terdapat 12 anak yang berada pada kategori baik, 4 anak cukup dan 4 anak dalam kategori kurang. Sedangkan untuk siswa SMP menunjukan hasil 11 anak dengan kategori baik dan 4 anak cukup. Secara keseluruhan, siswa SD dan SMP di Desa Karanggintung, Sumbang memiliki rata-rata keterampilan gerak olahraga pada kategori baik. Hasil penelitian keterampilan gerak olahraga berbasis Fundamental Movement Skills akan memberikan dampak positif dalam menemukan dan menggali potensi keterampilan gerak pada siswa SD dan SMP di bidang olahraga.
Publisher NameProdi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas PGRI Banyuwangi
Publish Date2021-12-01
Publish Year2021
DoiDOI: 10.36526/kejaora.v6i2.1473
Citation
SourceJurnal Kesehatan Jasmani dan Olahraga (KEJAORA)
Source IssueVol 6 No 2 (2021): Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga)
Source Page265-270
Urlhttps://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/kejaora/article/view/1473/1049
AuthorPANUWUN JOKO NURCAHYO, S.Pd, M.Pd.
File2411644.pdf