Garuda Documents : ANALISIS PERBEDAAN PRODUKTIVITAS UKURAN KAPAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN (STUDI EMPIRIS NELAYAN GILNET DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA CILACAP)

TitleANALISIS PERBEDAAN PRODUKTIVITAS UKURAN KAPAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL TANGKAPAN IKAN (STUDI EMPIRIS NELAYAN GILNET DI PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA CILACAP)
Author Order3 of 3
Accreditation3
AbstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas kapal antara kapal ukuran di bawah 5 GT dan ukuran 21-30 GT serta menganalisis pengaruh variabel ukuran kapal, lamanya waktu melaut, jumlah awak kapal, dan penggunaan BBM terhadap hasil penangkapan ikan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, responden dalam penelitian ini berjumlah 86 orang nelayan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, teknik analisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat produktivitas kapal di bawah 5 GT adalah 2,07%, lebih kecil dari tingkat produktivitas kapal 20-30 GT yang sebesar 6,95%. Kemudian ukuran kapal dan penggunaan BBM berpengaruh positif signifikan terhadap hasil tangkapan kapal di bawah 5 GT, sedangkan ukuran kapal, penggunaan BBM, dan jumlah awak kapal berpengaruh positif signifikan terhadap hasil tangkapan kapal berukuran 20-30 GT. Implikasinya, nelayan di Kawasan Pelabuhan Perikanan Laut Cilacap lebih memperhatikan alokasi biaya dan pemilihan lokasi penangkapan untuk meningkatkan hasil tangkapan dan produktivitas.Kata Kunci: Produktivitas, Hasil Tangkapan, Ukuran kapal, Lama Melaut, Penggunaan BBM, dan Jumlah ABK.
Publisher NameIAIN Syekh Nurjati Cirebon
Publish Date2021-06-30
Publish Year2021
DoiDOI: 10.24235/jm.v6i1.8316
Citation
SourceAl-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah
Source IssueVol 6, No 1 (2021)
Source Page110-120
Urlhttps://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/al-mustashfa/article/downloadSuppFile/8316/2006
AuthorDr Dr Dr. E. SUHARNO, S.E., M.Si
File2242358.pdf