Garuda Documents : PENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PALEMBANG

TitlePENGARUH KOMUNIKASI GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 PALEMBANG
Author Order1 of 2
Accreditation
AbstractBerdasarkan pengamatan sementara masih ada diantara siswa-siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang kurang termotivasi dalam belajar, apakah hal ini disebabkan oleh komunkasi guru dengan siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah Pengaruh Komunikasi Guru dengan SiswaTerhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Komunikasi Guru dengan SiswaTerhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang yang berjumlah 389 siswa. Sampel penelitian diambil sebanyak 25% dari jumlah populasi dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 96 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah uji signifikan (Uji t). Berdasarkan analisis penelitian, hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa variabel Komunikasi Guru dengan Siswa berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa, hal ini ditunjukan dengan nilai thitung  sebesar  9.964 dengan signifikansi 0.000 dan nilai ttabel sebesar 0.200, maka thitung > ttabel atau 9.964 > 0.200. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Komunikasi Guru dengan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Palembang. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat dijelaskan bahwa semakin baik komunikasi guru dengan siswa maka akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Begitu juga sebaliknya, apabila tidak terjalin komunikasi yang baik, maka akan menurunkan motivasi belajar siswa. Saran: guru hendaknya dapat terus-menerus menciptakan komunikasi yang baik kepadasiswa, sehingga siswa dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Selain itu, siswa hendaknya dapat meningkatkan motivasinya dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik.
Publisher NameUniversitas Muhammadiyah Palembang
Publish Date2021-04-26
Publish Year2021
DoiDOI: 10.32502/amp.v4i1.3374
Citation
SourceAd-Man-Pend : Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan
Source IssueVol 4, No 1 (2021): Ad-Man-Pend: Jurnal Administrasi Manajemen Pendidikan
Source Page60-65
Urlhttps://jurnal.um-palembang.ac.id/jaeducation/article/view/3374/2336
AuthorINDAH SETIAWATI, S.P, M.P.
File2228334.pdf