Garuda Documents : Persepsi Dan Kesiapan Dosen terhadap Pembelajaran Interprofesional

TitlePersepsi Dan Kesiapan Dosen terhadap Pembelajaran Interprofesional
Author Order2 of 3
Accreditation
AbstractInterprofessional Education (IPE) dapat mendorong praktik kolaboratif untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Institusi telah mengenal konsep ini tetapi belum banya yang diadopsi. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti mispersepsi dan ketidaksiapan dari mahasiswa, dosen, dan pengelola. Persepsi dan kesiapan mahasiswa dan fasilitator terhadap IPE dilaporkan baik. Tetapi tidak ada penelitian yang melaporkan perspektif dosen. Penelitian ini untuk menganalisis persepsi dan kesiapan dosen terhadap IPE. Rancangan cross sectional dipersiapakan untuk meneliti persepsi 73 dosen dari jurusan kedokteran, kesehatan masyarakat, keperawatan, farmasi, kedokteran gigi, dan ilmu gizi. Kuesioner IEPS dan RIPLS dimodifikasi, dan dipakai sebagai instrumen pengukuran setelah diuji. Hasil menunjukkan paling banyak responden dari kedokteran (26,0%), perempuan (57,5%), pernah berkolaborasi (95,5%), dan bekerja kurang atau sama dengan 10 tahun (76,7%). Persepsi (84,9%) dan kesiapan (94,5%) adalah baik dan sama diantara dosen di semua jurusan dengan nilai p 0,606 dan 0,535 secara berurutan. Dapat disimpulkan bahwa persepsi dan kesiapan dosen terhadap IPE di setiap jurusan adalah baik. Terdapat hubungan positif yang lemah tetapi bermakna antara persepsi dan kesiapan dosen. Institusi ini perlu membentuk bagian khusus untuk mengelola IPE. Penelitian lanjutan perlu  menggali lebih dalam tentang teknis model pembelajaran IPE.
Publisher NameJurusan Keperawatan FIKES UNSOED
Publish Date2015-11-21
Publish Year2015
DoiDOI: 10.20884/1.jks.2015.10.2.595
Citation
SourceJurnal Keperawatan Soedirman
Source IssueVol 10, No 2 (2015)
Source Page121-129
Urlhttp://jks.fikes.unsoed.ac.id/index.php/jks/article/view/595/365
AuthorWASTU ADI MULYONO, S.Kp
File2105475.pdf